Sabtu, 22 Maret 2014

Manajemen Waktu

KELOMPOK 7:
- FX . Andaru Triyo Prayogo (13112071)
- Rahman
Paharjo (15112930)
- Erda Olivia Rusmana(12112514)
- Arvin
Satyaprana(11112177)
- Riza
Rabbany Gemilang Zen (16112517)
- Refha
Febrian S (16112078)
- Indriani
Pieter (13112725)
Manajemen Waktu
Manajemen Waktu
  Manajemen waktu merupakan perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan produktivitas waktu. Sehingga waktu yang kita miliki dapat terpakai secara efissien.
Memahami Manajemen Waktu
- Anda tidak harus  belajar secara teori untuk mengetahui bahwa waktu adalah relatif.
- Sedikit waktu dapat lebih menyenangkan
- Lakukan sedikit pekerjaan 
- Batasi jenis pekerjaan
- Berusahalah lebih untuk lebih selektif
- Agar tetap dapat mengendalikan waktu anda jangan lakukan terlalu banyak menyita waktu dan perhatian anda.
- Lakukan pada saat itu juga
- Melakukan sesuatu pada saat itu juga adalah hal paling terpenting dalam setiap kehidupan kita akan membuat kita lebih bijaksana dalam menggunakan waktu
Penerapan Manajemen Waktu 
Terdiri dari :
- Membentuk tujuan akhir
- Membuat jadwal untuk mencapai hasil
- Manajemen stress
- Mengelola waktu dalam perjalanan
 
Membentuk tujuan akhir
- Pentingnya membuat Pioritas
- Identifikasi pioritas-pioritas anda di tempat yang tenang jauh dari gangguan rekan kerja atau teman
- Bidang-bidang kehidupan yang di susun oleh Dr. Tony Alesandra yaitu:
Mental  - Fisik
Keluarga  - Sosial
Spiritual  - Karir
Keuangan
Jika terlalu banyak prioritas kemungkinan besar tidak akan dapat melaksakan masing-masing prioritas
- Intisari pengidentifikasian prioritas:
Tulislah segala hal yang penting bagi anda jangan ragu membuat daftar yang panjang dan berbelit-belit
Baca kembali daftar yang telah anda buat, pada saat pemeriksaaan ke dua coret semua hal yang tapaknya tidak perlu serata masukkan item-item yang serupa
- Jika terlalu banyak prioritas kemungkinan besar akan di landa ke cemasan dan frustasi
 
Membuat jadwal untuk mencapai hasil
- Pokok-pokok yang sama
- Perencanaan masa kini memungkinkan anda menyelesaikan tugas-tugas berikut:
Mengatur jadwal harian, mingguan dan bulanan anda.
Memisahkan antara aktivitas harian anda dengan tugas-tugas penting dan mendesak yang anda tangani.
Merencanakan proyek-proyek pekerjaan.
Memakai bersama file-file dengan men-download
Menghubungkan secara elektronik rencana dan jadwal anda dengan orang lain.
- Tulislah inisial nama pekerjaan tertentu untuk menandai orang-orang yang kerja samanya di perlukan atau kepada siapa anda akan mendelegasikan seluruh pekerjaan.
 
Manajemen Stress
  Sebelum bisa memanajemen stress, kita perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan kondisi stress itu sendiri.
Stress adalah kondisi dimana kita berada dibawah tekanan yang mengganggu pola pikir.
 
Ciri-ciri Orang yang Mengalami Stress
- Kerongkongan anda kering
- Sakit rahang atau tertekan
- Nafas pendek atau dangkal
- Cenderung lebih dingin dan begejolak
- Selalu pusing
- Rasa panas dalam perut
- Detak jantung lebih cepat
- Tekanan darah naik
 
Cara Memanajemen   Stress  
- Memelihara rasa humor
- Melakukan peregangan secara teratur
- Berbicara pada orang lain
- Pijat atau relaksasi
- Berjalan kakilah
- Minum air putih
- Aroma Therapy
- Tarik nafas dalam-dalam
- Meditasi
 
Memperbanayak Waktu Luang dengan Pendelegasian
Pendelegasian adalah memberikan wewenang kepada orang lain agar kita memiliki waktu luang lebih banyak.
Anda dapat memperoleh hasil kerja yang terbaik jika anda mendelegasikan tugas anda kepada orang lain yang mampu mengerjakannya dengan keterampilan dan ide-ide yang cemerlang.
 
Yang Perlu Diperhatikan dalam Pendelegasian 
- Merencanakan pemberian tugas dengan baik sebelum mengerjakannya
- Memberi intruksi dengan jelas
- Bersikap luwes dengan batasan waktu
- Memonitor perkembangan pekerjaan
- Tegas dan luwes
- Tetap mencatat bagaimana suatu pekerjaan diselesaikan
 
Yang Tidak Seharusnya Dilakukan Ketika Mendelegasikan Tugas 
- Jangan terburu-buru
- Jangan memeberi intruksi yang tidak lengkap
- Jangan mengabaikan perhatian kepada orang yang diberi wewenang
- Jangan sewenang-wenang dalam mendelegasikan tugas
- Jangan menganggap bahwa cara anda adalah satu-satunya cara yang dapat digunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

おろかみたいなコメントをする人は地獄へ行け